Cara Menghentikan Sepatu Mencicit

Menyembuhkan sepatu berderit seringkali merupakan proses yang cukup sederhana. Tetapi Anda harus tahu dari mana suara itu berasal terlebih dahulu. Mencicit biasanya disebabkan oleh:

  • Gesekan. Disebabkan oleh bagian sepatu (atau kaki) yang bergesekan dengan bagian sepatu lain atau lantai.
  • Kelembaban. Bagian dalam sepatu umumnya disebabkan oleh keringat. Juga dengan berjalan kaki di lokasi basah seperti genangan air atau rerumputan basah.
  • Udara. Cukup sering terjebak di dalam sepatu selama proses pembuatan. Udara juga dapat menyusup ke bagian sepatu jika rusak atau aus.
  • Pemisahan. Cara yang bagus untuk mengatakan bahwa sepatu Anda sudah aus. Atau setidaknya butuh perhatian.

Jika Anda tidak yakin dengan penyebabnya, Anda dapat mencoba salah satu, atau semua, pengobatan berikut sampai Anda menghilangkan masalahnya.

Hentikan Sepatu Dari Mencicit

Mencicit dari Dalam Sepatu

  • Sol berderit. Jika sepatu Anda berdecit terlepas dari permukaan yang Anda pijak, ada kemungkinan besar insole Anda adalah penyebabnya–longgar, terlalu kecil, terlalu ketat.
  • Kaki telanjang. Bertelanjang kaki dapat bekerja dengan baik di alas kaki berlapis kain dengan sol padat. Tidak selalu di interior kulit atau vinil. Kaki semua orang berkeringat. Dan sebagian besar kaki bergerak sedikit di dalam sepatu–kecuali jika talinya sangat ketat sehingga tidak ada sirkulasi yang melewati titik tengah kaki. Keringat menyebabkan kulit menempel, sehingga gerakan kaki bisa menyebabkan mencicit.
  • Kelembaban. Kelembaban yang terperangkap di dalam insole atau bahkan lapisan sepatu dapat diperas keluar dari tempat persembunyiannya dengan setiap langkah. Tidak harus banyak mengeluarkan suara setiap kali tekanan diterapkan atau dilepaskan.

Mencicit dari Luar Sepatu

Untuk memeriksa apakah bunyi mencicit berasal dari luar sepatu, kenakan, ikat talinya, dan berjalanlah di atas permukaan berkarpet yang lembut. Jika Anda tidak mendengar suara apa pun, maka derit yang Anda dengar berasal dari tempat lain di sepatu.

  • Gesekan Renda/Lidah. Tali sepatu bisa bergerak di sekitar mata atau kait sepatu. Atau mereka mungkin bergesekan dengan lidah sepatu – yang mungkin diperparah oleh jenis gaya berjalan yang Anda miliki. Semua gerakan renda dapat menyebabkan mencicit, tetapi tali kulit mungkin merupakan penyebab terburuk, seperti tali kulit pada sepatu bot kulit.
  • Gel & Udara Bocor. Sepatu gel sangat bagus untuk kenyamanan dan kecocokan–sampai Anda mengalami ledakan. (Seperti menginjak paku.) Kemudian setiap langkah akan membuat kebisingan. Ini biasanya terjadi setelah beberapa gel bocor dan setiap langkah mengompres karung gel, memeras udara keluar, lalu menyedot udara kembali. Sepatu udara bahkan lebih buruk untuk mencicit. Setelah kantong udara pecah, Anda akan mendengar suara mencicit di setiap langkah. Baik saat tekanan diterapkan dan saat dilepaskan.

Mencicit dari Sol Sepatu

Menemukan mencicit di sepatu Anda cenderung menjadi proses eliminasi. Setelah Anda yakin itu bukan bagian dalam atau luar, itu pasti satu-satunya—mungkin.

  • Gesekan. Sol yang halus dan bersih serta lantai yang halus, bersih, dan dipoles bukanlah kombinasi yang baik. Tetapi seharusnya mudah untuk mengetahui apakah derit itu berasal dari sol.
  • Bagian longgar. Periksa apakah solnya masih menempel kuat pada badan utama sepatu.

Mencicit dari Sepatu Basah

Jika sepatu Anda basah bukan penyebab awal masalahnya, itu pasti akan memperburuk derit. Air bukanlah teman sepatu Anda karena berbagai alasan. Membasahi sepatu Anda sesekali, atau secara teratur, hampir selalu menyebabkan bunyi berderit.

Dengan sepatu kulit, ini harus jelas. Kulit umumnya bereaksi buruk terhadap air. (Bahkan sepatu bot kerja yang baik memerlukan perhatian ekstra untuk menolak air.) Sepatu atletik bermasalah dengan air karena merupakan kombinasi dari kain, kulit atau kulit palsu, karet atau karet palsu, lem, jahitan, dll.

Air pada sepatu Anda tidak hanya membuat noda yang indah, tetapi juga akan menemukan segala cara untuk diserap ke dalam setiap celah atau lubang yang mungkin. Itu membuat kulit kaku, bahan lain longgar atau kencang, dan bisa melarutkan lem yang menahan sepatu Anda.

Macam-macam Suara Mencicit

  • Terkadang suara mencicit tidak disebabkan oleh sepatu Anda. Dalam kasus saya, ini disebabkan oleh berjalan dengan kaki terentang dan memberikan sedikit putaran pada setiap kaki saat saya mendorong – sehingga tidak mungkin untuk diam di lantai bersih yang bagus dengan mengenakan sepatu bersih yang bagus. Sepatu yang disalahkan, tapi akulah penyebabnya. Anda mungkin mengalami penderitaan yang sama.
  • Menyeret kaki. Sepatu bersih bagus yang sama dan lantai bersih yang bagus. Jika tumit seseorang bergerak setelah menyentuh lantai karena dia tidak pernah mendengarkan nasihat ibunya untuk “Angkat kakimu”, itu akan mencicit.

Hentikan Sepatu Dari Mencicit – Menyembuhkan

Sekarang Anda tahu apa yang menyebabkan masalah, sekarang saatnya untuk memperbaikinya. Tak satu pun dari ini akan memakan waktu sangat lama atau sangat mahal. Tapi kelegaan yang akan Anda dapatkan dari tidak mencicit di sekitar kantor lebih berharga daripada upaya yang Anda lakukan untuk pekerjaan itu.

Menyembuhkan Derit yang Datang dari Dalam

Sepatu baru kemungkinan besar akan mencicit-banyak. Karena semua bagian dan bagiannya baru, dan kaki Anda tidak menghabiskan cukup waktu di dalam sepatu agar semuanya terbiasa satu sama lain.

Sol berderit

  • pelumasan. Beberapa produk yang bisa Anda gunakan adalah: petroleum jelly, baby oil, bedak bayi, tepung maizena, atau minyak kelapa. Lepaskan insole dan oleskan pelumas ke bagian bawah dan tepi insole. Terapkan hemat. Anda selalu dapat menambahkan sedikit lagi nanti jika diperlukan. Anda ingin sol dalam dapat bergerak bebas melawan bagian sepatu lainnya. Anda tidak ingin sol dalam terlalu banyak bergeser. Pelumas Silikon Kering bekerja sangat baik tetapi menggunakannya sangat hemat. (Jangan pernah sampai di bagian bawah sepatu Anda. Ini sangat licin.) Pastikan Anda membiarkan akselerator menguap sebelum mengganti insole.
  • Lapisan. Tempatkan seprai pengering, serbet kertas, atau handuk kertas terlipat agar pas di antara sol dalam dan bagian bawah sepatu. Ini akan melapisi sol dalam, membuatnya tetap nyaman di kaki Anda. Semua ini memiliki keuntungan tambahan dalam menyerap kelembapan di bawah sol dalam. (Kekurangan utamanya adalah harus diganti setiap 2 – 3 kali pemakaian agar tetap kering dan mencegah bau.)
  • Hapus Kelembaban. Gunakan bedak bayi atau tepung maizena jika Anda menemukan banyak kelembapan di antara sol dalam dan badan sepatu. Mereka akan menyerap banyak dari apa yang ada. (Anda mungkin harus melepas dan mengganti bedak setiap beberapa hari. Jika sepatu Anda benar-benar basah—entah karena genangan air, rumput, atau keringat—keringkan terlebih dahulu. Lepaskan liner dan jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Atau masukkan mereka ke dalam tas cuci sepatu ke pengering pada pengaturan rendah selama 10 menit setiap kali. Baik untuk kain dan sepatu mesh poliester. JANGAN memasukkan sepatu kulit atau suede ke dalam pengering – kecuali jika Anda suka retak atau kaku seperti sepatu papan.



Kaki telanjang

  • Kaus Kaki Penyerap Kelembaban. Meskipun saya tidak pernah mengerti daya tarik tidak mengenakan kaus kaki di sepatu saya-tampaknya itu adalah suatu hal. Ini juga merupakan cara yang baik untuk memasukkan banyak kelembapan (keringat) ke dalam sepatu Anda. Coba pakai kaus kaki kelembaban wicking yang menyerap keringat untuk membantu menghilangkan insole mencicit. Sebagian besar kaus kaki ini juga membantu mengendalikan bau.

Kelembaban

Sepatu basah hampir selalu akan mencicit-akhirnya. Pastikan sepatu Anda tetap kering. Lepaskan sol dalam setelah setiap pemakaian. Kecuali jika Anda bermain-main di tempat yang sangat basah, sepatu Anda biasanya akan mengering dalam semalam.

Menyembuhkan Derit yang Datang dari Luar

Gesekan Renda dan Lidah

Tali sepatu dapat mengalami sedikit tekanan. Mereka cukup dikencangkan untuk menjaga sepatu tetap di tempatnya terlepas dari tekanan berjalan atau berlari apa yang datang. Pada saat yang sama tali harus cukup longgar agar tidak menyebabkan sakit kaki. Hampir selalu ada gerakan antara tali dan lidah sepatu; dan di antara tali dan mata renda. Semua gesekan dapat menyebabkan mencicit dari sepatu Anda.

sabun pelana, baik Kondisioner Sepatu, bahkan biasa Semir sepatu dapat memecahkan masalah ini. Semua produk ini akan melumasi lidah sepatu sehingga tali sepatu dapat meluncur lebih bebas di atas lidah. (Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengoleskan sabun atau kondisioner pada tali itu sendiri.) Ingatlah bahwa semua produk ini pada akhirnya akan luntur, dan Anda harus mengoleskannya kembali jika bunyi mencicit mulai lagi.

Tentu saja, jika Anda merawat sepatu Anda secara teratur dengan produk jenis ini, masalahnya mungkin tidak akan pernah muncul.



Kelembaban/Udara yang Terjebak

  • WD-40 adalah pelumas yang diformulasikan untuk mengusir kelembapan dari celah dan retakan. Semprotkan di sepanjang tepi luar tempat badan sepatu bertemu dengan sol luar untuk membuang air yang mungkin terkumpul di sana. Ini juga memberikan pelumasan untuk meningkatkan gerakan sepatu yang bebas dan mudah saat berjalan, dan akan menutup sebagian besar lubang udara kecil. Gunakan hemat.

Gel & Udara Bocor

Tampaknya tidak ada cara pasti untuk menyembuhkan masalah ini. Jika Anda dapat menemukan dan mengakses lubangnya, cobalah untuk menambalnya dengan lem super seperti Gorila Super Lem Gel. Sayangnya, kebanyakan orang tahan dengan kebisingan dan kejengkelan selama mungkin, kemudian mendapatkan sepatu baru. Atau bawa mereka ke tukang sepatu.

Menyembuhkan Derit yang Berasal dari Sol

Gesekan Sepatu di Lantai

Jika sepatu Anda berderit di berbagai jenis lantai – biasanya ubin, linoleum, kayu keras, laminasi – Anda harus mengatasi sol sepatu. Cukup sering solnya terlalu halus dan akan sedikit tergelincir pada setiap langkah, menyebabkan bunyi berderit. Sepatu baru biasanya merupakan pelanggar terburuk.

  • Hancurkan Mereka. Kenakan sepatu Anda di luar dan seret sol dengan lembut di atas trotoar atau aspal sampai sedikit lecet. Ini akan memberikan traksi yang lebih baik di lantai yang halus dan menghilangkan derit. (Catatan: Pastikan Anda membersihkannya untuk menghilangkan pasir atau batu kecil.)
  • Amplas Tema. Jika menyeret sepatu baru Anda di atas beton membuat Anda tersinggung, mengerjakannya dengan amplas grit 120 akan memberikan hasil yang sama.
  • Lembaran pengering. Menggosok sol dengan lembaran pengering akan meningkatkan cengkeraman dan menghilangkan derit. (Catatan: Anda mungkin harus melakukan ini beberapa kali seminggu sampai mencicit benar-benar hilang.
  • Semprotkan. Gunakan semprotan rambut, WD-40, atau semprotan sol karet. Semua ini akan memberi sol Anda traksi yang jauh lebih baik. Dan Anda tidak akan meninggalkan jejak di mana Anda berjalan. (Catatan: JANGAN gunakan Pelumas Silikon Kering. Ini akan menghilangkan mencicit tetapi Anda mungkin terpeleset dan jatuh.)
  • bantalan sepatu. Tongkat bantalan sepatu non-slip ke bagian bawah telapak kaki Anda. Jika sepatu Anda tidak terpeleset, kemungkinan besar sepatu Anda tidak akan mencicit.


Bagian longgar

Sol yang longgar atau mengepak tidak hanya akan menyebabkan sepatu Anda mencicit, tetapi juga dapat menimbulkan berbagai jenis suara lain, belum lagi menyebabkan Anda merasa tidak nyaman. Biasanya Anda memiliki peluang bagus untuk memperbaiki bagian yang longgar dengan Gorila Super Lem Gel. Pastikan area tersebut bersih dan kering. Kemudian oleskan lem. Ini mengering jelas dalam waktu kurang dari satu menit. Pangkas kelebihannya dengan pisau tajam.

Hentikan Sepatu Dari Mencicit – Dokter Sepatu

Meskipun kita tampaknya hidup dalam masyarakat sekali pakai, mengganti sepatu berjumbai ritsleting saya dengan sesuatu yang harganya bisa lebih dari $ 1000,00 tidak akan terjadi tanpa perjalanan ke tukang sepatu. Jika Anda telah mencoba semua pengobatan mencicit yang berbeda di atas dan belum menyelesaikan masalah, mungkin sudah saatnya untuk mencari bantuan profesional.

Meskipun Anda dapat menemukan tukang sepatu online yang akan menerima sepatu melalui pos (yang mungkin merupakan satu-satunya pilihan logis, jika Anda tinggal di antah berantah), pilihan terbaik Anda adalah memakai sepatu saat membawanya untuk diperbaiki sehingga hangat dan nyaman. fleksibel-cara mereka biasanya. Dan itu akan memberi tukang sepatu kesempatan yang lebih baik untuk melihat apa yang salah. (Bawalah sepasang sepatu cadangan.)

Catatan: Dalam hal ini, tukang sepatu adalah seseorang yang memperbaiki sepatu, bukan kue buah.

Catatan Akhir

Ada satu lagi penyebab mencicit sepatu dan sepatu bot yang tidak saya sentuh. Berjalan di atas salju/es kering pada suhu 30 di bawah nol. Satu-satunya obat yang saya tahu adalah tinggal di rumah.

Author: Adrian Gray